6

Trip Batu - Malang (Day 2)

Posted on Thursday, July 6, 2017

Intip Day 1-nya di sini yuk.


Day 2 – Jatim Park 2

Dasar pas bulan puasa ya, jam 3 pagi saya dibangunin sama teriakan "sahur.. sahur.." dari luar jendela. Bukan cuma itu aja, tapi suara doanya non-stop sampe pagi -_-". Alhasil sejak jam 3 tidur saya gak nyenyak.

Jam 5 pagi pun saya akhirnya dibangunin sama Theo. Di empok-empok keq, di susuin lagi keq, dinyanyiin macem-macem juga gak mau tidur lagi. Padahal malam sebelumnya Theo tidurnya lebih malam dari biasanya loh. Akhirnya nyerah, dan saya keluar jam 5.30 buat ngajak Theo jalan-jalan sementara sus nyiapin perlengkapan buat memulai perjalanan hari itu.

Ternyata udara di luar dingin banget! Puncak pass atau Lembang mah lewat.. Dingin, tapi enak. Apalagi jam segitu matahari belum keluar banget kan ya. Jadi saya pelukan aja sama Theo, sambil berharap ini anak bakal ketiduran lagi hahaha *masih ngarep mamanya bisa ngorok lagi barang sebentar*.

Masih pagi, matahari nya aja masih malu-malu. Btw, pengen setiap hari buka jendela kamar dengan pemandangan begini deh
Tampang-tampang baru bangun tidur
Ada chapelnya. Yuk, siapa yang mau nikah dimari?
Itu bangunan restoran dan lobby nya
Another breathtaking view
30 menit kami muterin hotel sampe saya ngos-ngosan dan pinggang mulai encok. Maklum, jalanan ngelilingin hotel itu ternyata nanjak. Lobinya di bawah, kamar kami agak di atas. Biasanya kami lewat lift, tapi kalau keliling ya jalanan ala-ala perbukitan gitu deh.

Sekitar jam 7 akhirnya Grace bangun. Kami langsung mandi dan siap-siap untuk sarapan.

Walaupun bulan puasa dan pengunjung hotelnya tidak banyak, saya salut sama pelayanan dan menu breakfast di Singhasari. Macamnya banyak! Rasanya pun enak.

Saya biasa memberikan rating hotel berdasarkan cara mereka memasar telur. Restoran bintang 5, pasti punya egg station yang bikin omelette nya lembut banget. Bintang 4 telurnya enak, tapi biasa aja. Bintang 3 kebawah palingan telur mata sapi yang sudah siap saji :p. Di Singhasari, Egg stationnya juara! Scramble egg nya bisa lembut dan enak banget-nget! Five-star hotel quality deh. (Terus lihat Gordon Ramsey ngajarin bikin scramble egg di Master Chef. Ternyata masaknya harus on-off-on-off ya. Jadi sebentaran diangkat dari kompor, aduk, terus panasin lagi, terus angkat lagi, en so on. Bikin telor orak-arik aja ada tekniknya yee)

Papa saya juga ngomong berkali-kali loh, kalau rawonnya enak banget. Sayang saya gak foto rawonnya, soalnya penampakannya gentong doang haha.

Saya gak sempet cobain. Kata suami perkedelnya enak
Another indonesian food. Disebelahnya ada lagi station kayak gini, saya lupa apa isinya
Ada sushi station! Kirinya bubur, kanannya minuman. Infused waternya pake apel malang, segerrrr.
Sushinya.. Isinya mateng semua, rasanya kurang enak kalo menurut saya
Fresh salad dengan dedaunan impor. Dibelakangnya ada american buffet, macam sosis, kentang, saute veggie..
Suasana restorannya. Sepi ya bok. Sebenernya pas kita dateng sih lumayan rame, cuma ini udah diatas jam 10, orang-orang udah pada selesai sarapan.

Dessert station. Kelihatannya kok sudah habis ya, padahal mah mereka akan masak kalau kita request. Jadi enak banget rasanya karena masih hangat :) Yang lagi diambil Tomo itu pancake dan waffle station.
Puas sarapan, kami langsung berangkat ke Jatim Park 2.

Jatim Park 2: Museum Satwa dan Batu Secret Zoo

Jarak dari hotel ke Jatim Park 2 ternyata dekat, paling cuma 15 menit. Kami sampai disana jam 11an karena kami kira mereka buka jam 10 pagi s/d jam 6 sore Ternyata, selama bulan puasa, mereka buka jam 9 pagi s/d jam 5 sore. Yah, tau gitu tadi kita berangkat pagian.

Harga tiketnya 120k per orang. Grace bayar karena diatas 90 cm, sedangkan Theo masih gratis.

Tiketnya diskon 30% kalau pake boarding pass garuda atau kartu kredit BNI.

Sempet heboh nih karena maksimum pembelian dengan satu kartu BNI adalah 4 tiket. Si mama dompet cc nya ditinggal di hotel. Boarding pas barusan aja tadi pagi saya buang karena ketumpahan air. Adanya boarding pass nya Grace tapi gak berlaku karena harus tiket dewasa yang bisa menunjukan ID card. Setelah korek-korek tas, akhirnya si mama ketemu juga boarding pass nya dia. Horee, semua tiket diskon hahaha. Lumayan.

Macam-macam pilihan wisata di batu. Kalau mau datangin semua kayaknya butuh 4 hari full deh. Itu belum ditambah sama Jatim Park 3 loh ya.. katanya ini bakalan gede banget!

Museum Satwa

Pertama, kami masuk ke Museum Satwa. Museum nya dari depan aja udah bagus. Dalamnya beneran bagus. Dari awal masuk sampai akhir kita semua ga ada yang tau, itu binatang yang diawetkan atau hanya replica. (Saya masih penasaran loh sampai sekarang)

Grace lumayan nemplok ke saya terus sih awal-awalnya karena takut lihat binatang yang gede-gede. Tapi setelah “panas”, akhirnya berani juga dan malah lari-larian di dalam -_-.

Theo awalnya bobok siang. Sampe ditengah-tengah, dia bangun, digendong, lalu gak lama nangis ga mau di diemin. Aneh sih soalnya Theo kan anaknya anteng yah. Ya, saya pikir dia nangis karena lapar. Akhirnya kami stop di cafe di dalam museum, numpang kasih makan Theo. Ehh, ternyata makannya pun gak tenang. Masih mewek-mewek, walaupun tetep mau makan :P. Setelah keluar pun dia masih nangis. Nah loh, kenapa nih? Disusuin juga ga mau.

Pas keluar, Grace diajak lihat toko souvenir. Grace yang tadinya pake stroller, jalan masuk ke toko. Theo kami dudukin di stroller. Like magic, Theo langsung diem dan mukanya berubah jadi happy. Ya elah, ternyata dari tadi dia nangis karena strollernya didudukin sama cicinya. Cape deh hahahaa...

Setelah Theo happy dan Grace belanja payung, jam 12an kami masuk juga ke kebun binatangnya. Mataharinya panas menyengat, tapi udaranya sejuk.

Ini beneran gak sih?
Sebagian besar ada di ruangan kaca macam ini

Sebagian lagi gak di ruangan kaca. Kalau yang ini sih saya yakin bohongan.
Kelihatannya bohongan ya?
Batu Secret Zoo

Sampe Batu Secret Zoo, kami semua kelaparan karena sudah jam makan siang (halo, kemana semua makanan sarapan tadi hahaha). Di dalam banyak stand yang jual makanan, tapi semuanya cuma jual burger, pop mie, dan kentang goreng. Katanya yang jualan nasi masih 500 meter di dalam. Okeh deh, 500 meter seharusnya gak seberapa yah.

Bagian awal-awal kami lewatin dengan cepat. Ternyata kok gak sampe-sampe nih ke food court yang jualan nasi. Aquarium udah lewat, reptile udah lewat, bagian monyet apalagi. 500 meter kok jauh ya bok, haha..

Begitu masuk langsung disapa sama tikus, iguana, dan aneka monyet. Ini salah satunya.
Lupa apa namanya binatang ini. Unik, mukanya kelinci, telinganya rusa, jalannya kayak kanguru, alias melompat pakai kaki belakang. Lucu yahhhh...

"Gez, smile dulu. Kalo gak smile gak mama kasih es krim loh!". Lalu tersenyumlah dia dengan terpaksa. (Berhubung gak dapet nasi, kita nyemil es potong dulu.)
Hepi banget dia sekarang duduk di stroller

Pandangan serius. Entah depannya ada apa.
Ini loh kolam Flamingo nya. Mereka cantik, tapi bawel. Mirip siapa hayooooo... 

Kiss mama donggg
Di seberang flamingo, akhirnya kami sampai juga dibagian penyewaan e-bike. Lumayaaan, kaki gak gempor. Sewanya 100 ribu sepuasnya sampai tutup. Lalu diprotest Aina dan orang-orang yang pernah kesini, kok gue cuma buat 3 jam??? Hahaha.

Tenang sodara-sodara, sampai tutup ituu, karena saya nyewanya sudah jam 2 sore. Ya pas dong ya sampai tutup jam 5 :p.

Saya sewa 2, satu buat saya dan suami gantian, satunya lagi buat mama saya. Si papa hebat euy, gak mau gantian. Katanya buat saya dan mama aja yang gak kuat jalan. Lalu pulangnya dia oles couterpain sebotol.
Grace pengen nyupir sendiri, dimana dia nge-gas kenceng-kenceng tanpa lihat di depan ada apa. Mamanya spaneng -_-". Setelah agak lama, saya baru sadar kalo ada puteran yang bisa ngatur kecepatan si e-bike. Jadi walaupun di gas kenceng, dia gak bakalan bisa lari kenceng.
Akhirnyaaaa jam 2.30 sampai juga kami ke foodcourt makanan berat. Jauuuuuh ya booook. Pake e-bike aja terasa jauh lohhhh.

Saya pesan nasi pecel, Grace saya pesanin chicken teriyaki, Tomo, sus, papa dan mama saya makan chinese food dan sate ayam. Semuanya serba murah dan enak. Makanan disana kayaknya ga ada yang lebih dari 30 ribu. Surga lah pokoknya.

Setelah satu jam makan, kami melanjutkan perjalanan.

Ternyata masih besar lohhh. Banyak wahana kayak di BNS dan gratis. Alias sudah termasuk di tiket awal. Sayang, waktunya ga keburu. Saya cuma cobain mini jet coaster bareng si sus, terus main bom-bom car, dan river adventure.

Terus kami ketemu sama baby zoo. Ihhh saya sih demen karena binatanya unyu-unyu dan bisa di elus-elus. Tapi dasar ya, si mas-mas yang jaga cuek aja gitu membiarkan bayi-bayi kambing ini jalan-jalan di luar. Mana mereka semua ganas-ganas kelaparan lagi. Semua orang disosor. Si Grace langsung lompat ke sus nya ketakutan disosor mbek hahaha.. Sementara Theo cuek aja duduk di strollernya.

Saya lagi coba mengalihkan perhatian si mbek dengan memberi makan. Kambingnya beneran kelaperan kayaknya, saya aja dipanjat loh!
Mas penjaganya keterlaluan yah, masa sengaja biar kambingnya deketin Theo. Kalau anaknya takut terus jadi trauma gimana... bayi loh mas, bayiii!
Untung si Theo cuek. Stroller dipanjat kambing juga diem aja. Saya yang senewen karena strollernya jadi ada tapak kambing -_-"
Bagian yang paling saya tunggu-tunggu dari awal kesana adalah Safari Farm, dimana kita naik kereta (atau traktor?) yang kanan kirinya banyak binatang pemakan rumput. Kita bisa kasih makan ke mereka. Nah, Safari Farm ini lokasinya persis disebelah Baby zoo.

Udah excited nih saya, apalagi sepi, gak kelihatan ada antrian (ya iyalah, dari kemaren juga dimana-mana ga antri hehe). Eh tapi dong, dong donggggggggg… SAFARI FARMNYA TUTUP!!!!! *banting tiket pesawat*. Pengen misuh-misuh karena saya pikir mereka tutup mentang-mentang pengunjungnya sedikit. Tapi kata si mama, mereka tutup karena lagi renovasi betulin jalan. Sempet gak percaya sampai akhirnya saya deketin dan ternyata bener, jalanannya lagi di aspal hahaha.

Jam 4 kami tiba di area big cats (macan, harimau, dll). Sudah excited nih karena kandangnya cuma dihalangi kaca besar. Eh tapi, saya harus kecewa lagi, karena semua binatangnya udah gak ada T_T. Beruang juga udah masuk kandang. Sedihhhh. Padahal kan tutup jam 5, harusnya jam 5 baru dikandangin donggg. Mungkin penjaganya lelah dan takut ga keburu buka puasa kali yah. Dimaklumi saja deh... walau tetep misuh-misuh, dan merasa rugi sejam :p

Foto sama binatang cuma dihargain 5 rebu perak per-ekor. Murah ya buuu. Itupun ada kotaknya bertuliskan "mari bantu lestarikan satwa Indonesia", jadi kita serasa beramal aja.
Disini adalah wahana River Adventure, dimana kita bisa naik kapal muterin "sungai" di foto ini. Nothing excited sih, kecuali kasih makan bangau. Bangau nya deket banget sama kapal soalnya, serem sih benernya haha..

Gak mau lepas dari priwitannya setelah seharian belajar niup dan akhirnya bisa juga

Pintu masuk hotel Pohon Inn. Persis disebelah pintu masuk Zoo dan Museum. Next time mau ah, nginep disini. Bulan puasa 3 tahun lagi kali ya, kalau Jatim Park 3 udah jadi =D
Ada tukang parkir baru. 

Keren yah bangunannya, Mirip apa yah? kok saya ingetnya mirip gedung pengadilan yang diseberang Monas sih :p


Pulangnya kami semua tepar di hotel. Mau keluar makan malem aja males. Tapi perut laper, gimana dong...

Jam 7 malam kami memaksakan diri keluar, cari makan. Bingung mau makan apa. Gak mau makan yang ribet-ribet, akhirnya pas ngelewatin restoran chinese food di pinggir jalan. Asal stop aja deh. Makanannya porsinya guede banget, tapi rasanya gak enak. Ya sutralah..

Dipikir-pikir, kalau mau hemat, seharusnya hari ini gak perlu sewa mobil sih. Dari hotel sebenarnya ada shuttle untuk antar jemput ke Jatim Park 1, 2, Museum Angkut, dan BNS. Gratis. Tapi waktu itu saya mikirnya takut repot ngepas-in sama jam antar jemputnya. Terus takut ada emergency entah apa, soalnya bawa anak. Ternyata sebenarnya bisa gak perlu sewa mobil, toh kita udah teler juga seharian di Jatim Park 2. Biaya sewa mobil sehari bisa buat makan enak di hotel..

Selesaiiiii cerita hari ke-2 kami.

Next day, agro wisata dan Museum Angkut.

Discussion

  1. Belum kesampean ke Malang nih. Mungkin tunggu anak pada gede2 yaa.

    ReplyDelete
  2. berarti nanti gua kesana kalo jatim park 3 uda jadi deh hahahaha...

    ReplyDelete
  3. Wah kayaknya lu jadi kurang lama ya Mel di Batu Secret Zoo-nya. Nah gue tuh dulu sewa mobil krn udah tau mau ke Malang kota pas dinner, trs lanjut ke Surabaya. Kalau cuma di Batu doang, konon mending taksian aja. Btw, Singhasari wokeh banget ya. Dan gue amazed lu bs dapet harga segitu. Mantep abissss...

    ReplyDelete
  4. Idiihhh beneran najong ye mas2 di baby zoo nya. Kejadian juga di Theo dinaekin kambing. G inget lagi jadi kesel lagi. Kampret emang. Hahaha.

    Nih skrg jadinya postingan gua nih yg basi jadinya. Keburu males udah kelamaan. Ahahahaha.

    ReplyDelete
  5. iya bagus juga yaaa Malang banyak tempat wisatanya...suka sama gedung di museum satwa itu.

    ReplyDelete
  6. aku suka banget Batu Malang... :) :) disana jam 7 udah sepi banget kan ya..
    emang kalau kesana ga usah sewa mobil karena kemana2 deket, terus bisa panggil taksi, ratenya 25 ribu sih per jalan kalo ga salah dulu.

    ReplyDelete