20

Theo 1 bulan pertama - Tentang per-Asi-an

Posted on Friday, September 30, 2016

Dari hari pertama lahir, saya sudah lebih pede menghandle Theo. Kalau dulu kita (saya dan Tomo) setengah mati empot-empotan jagain Grace di RS sampe gak bisa tidur karena Grace nangis terus (curiga kelaperan karena asi belum keluar), lain ceritanya dengan Theo. RS Carolus tempat saya melahirkan bener-bener pro asi dan pro-rooming in. Bayangkan, dari lahir saya cuma dipisahkan selama 6 jam untuk observasi bayinya. Setelah itu ya bayinya langsung ngejogrok terus disebelah saya. Palingan diambil bidan jam 5 pagi selama 2 jam untuk di jemur dan dimandikan. Untung saya dan Tomo sudah ahli *sombong*. Jadi kami sudah tidak stress lagi. Saya sudah PD dengan asi saya, dan Tomo sudah PD dengan keahliannya ganti popok. Lol.

Theo anteng banget selama di RS. Kalo oek-oek langsung saya susuin dan setelah itu tidur sampe harus kami bangunin untuk nyusu. Saya pun sudah bisa jalan-jalan dari hari pertama, jadi tanpa Tomo pun saya sudah bisa angkat bayi dari box dan taruh kembali setelah selesai menyusui. Tomo bisa bobok lumayan lama deh malam harinya.

Masalah datang seminggu setelah Theo pulang dari RS. Berat badannya turun lumayan banyak. Lahir dengan berat badan 3720 gr, pas pulang dari RS susut menjadi 3340 gr. Lalu bukannya naik, malah turun ke 3180 gr pas check up dokter seminggu kemudian. Padahal, seharusnya berat badannya harus sudah balik ke berat badan awal pas lahir. Untung Dsa saya tanggap kalau saya pasti ada masalah di menyusui. Langsung saya disuruh ke klinik laktasi hari itu juga.

Di klinik laktasi saya diajarin dari awal lagi cara mentusui yang benar, cara pijat payudara, cara memerah pake tangan (yang sampe sekarang saya belum bisa), dan cara meminumkan menggunakan cup feeder.

Kesannya gimana yah, anak pertama sukses asi kok sampe 10 bulan, dan stopnya pun gara2 saya sakit dan harus minum obat yang bikin asi seret. Masak iya, ini anak kedua saya masih gak bisa nyusuin?! Percaya gak percaya dengan diri saya sendiri. Tapi itulah yang saya hadapi. Masalahnya cuma 1, latch on yang tidak benar. Pantas saya selalu sakit saat menyusui dan puting lecet. Saya sampai bertanya dalam hati loh, kenapa Tuhan membuat menyusui itu menyakitkan? Padahal saya yakin kalau Tuhan menciptakan sesuatu gak mungkin salah, gak mungkin bikin susah. Ternyata bukan Tuhan yang salah membentuk puting saya ya, sayanya aja yang gak bisa pakenya :p

Setelah sadar akan kesalahan saya, setiap mau menyusui saya selalu matengin youtube dulu. Search key nya "latch on baby". Disitu saya mulai belajar kalau puting bukan asal disodorin doang, tapi harus kita posisikan dengan benar dan agak di dorong masuk ke dalam mulut bayi secara agak paksa :p. Setelah posisinya benar, baru deh saya terbebas dari yang namanya lecet dan sakit waktu menyusui. Bye bye medella pureland haha.

Eh tapiii, ga lama setelah itu, saya merasa sakit lagi di PD kiri saya, tapi rasanya hanya setelah menyusui. Nyut-nyutan banget setelah menyusui, apalagi kalau terkena baju. Saya kira saya terkena infeksi jamur lagi kayak waktu menyusui Grace. Tapi setelah konsultasi sama dsa, ternyata yang bikin sakit itu adalah... jerawat!!! Iyaaa, PD saya jerawataan >.<. Memang ada benjolan putih, tapi saya kira itu hanya sumbatan susu, ternyata jerawat dong. Dan bener sih radanya sama kayak jerawat di muka kalau disentuh, nyut-nyutan kan. Ada ada aja yah. Obatnya apa? Gak ada. Disuruh susuin aja dengan posisi yang berbeda-beda agar pecah sendiri. Atau kalau sudah gak tahan sama sakitnya, dsa bisa bantu cungkilin. Hiii, ngebayangin dicungkil bikin saya mundur teratur. Saya rajin susuin aja deh. Dan bener sih, setelah 2 hari jerawatnya hilang, hehe.

Jadii, setelah semua permasalahan PD hilang, berat badan Theo berangsur naik. Ketika check up di 34 hari, beratnya menjadi 4.5 kg dengan panjang 55 cm. Terus terang saya lega banget. Kalau berat badan anak kurang rasanya kayak saya punya hutang susu :p

Sekarang saya mompa hanya 1 kali sehari untuk persiapan kembali ngantor 1.5 bulan lagi. Lumayan deh, kulkas udah terisi sebagian. Saya pikir kalau saya kerajinan pompa dan hasilnya kebanyakan juga nantinya bingung mau dikemanain setelah kulkasnya full. Kurang jadi masalah, kebanyakan juga jadi masalah loh. Sekarang sih sepertinya pas untuk kebutuhan Theo. Semoga bisa pas terus sampe 2 tahun ya.

Segini dulu deh cerita tentang berat badan dan asi nya. Next saya mau cerita tentng Grace dan perubahan sikap setelah ada dedenya. Tapi next post aja yah, nyicil nulisnya.

Ps. Berhubung PC saya diungsikan dan diganti dengan box bayi, jadi sekarang saya hanya hisa ngeblog dan blog walking lewat HP. Jadi maklum ya kalau saya jadi rada "menghilang" dan gak bales komen satu-satu. Belum fasih euy ngeblog lewat HP. Ini aja mau insert foto langsung dari HP aja masih bingung. Saya harus transfer ke HP android dulu baru bisa upload ~_~'

Waktu pas 30 hari. Ekspresinya lucu_lucu banget!
Setelah check up dokter dan ketahuan berat badan dan panjangnya. Kalau di Carolus tumbangnya bener-bener ditelanjangi loh. Jadi ya akurat banget karena tanpa tambahan berat benang sedikitpun.

Discussion

  1. Beda ya mel anak pertama ma kedua...yg kedua jauh lbh pede ya hahhaha
    duhh menyusui ya momok bgt buat gw deh ahhahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyahhh. Kan sudah pengalaman haha. Tapi ya namanya dunia menyusui, mo anak kedua pun gak gampang buat gw

      Delete
  2. Gw dari di RS udah langsung dikoreksi sama dsa nya. Dan gw juga tadinya malu, lah gw nyusuin 2 th loh... masa masih musti dikoreksi. Kata belio... Nyusuin anak kedua emang suka lupa, harus belajar lagi. wajar kok lupa nyusuinnya gimana, kan ingetnya terakhir nyusuin anak 2 th. Kalo anak 2 th kan tinggal HAP. *eh

    -Dina- entah kenapa selalu ga berhasil komen di lo pake acc WP ataupun open ID

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di gw bukan lupa sih karena pas anak pertama jg gw menderita puting lecet Huhu. Tapi bener sih kata dsa lo, kita pun bisa lupa nyusuin newborn gimana. Karena bocah sama newborn itu cara nyusunya beda banget yah.
      Kenapa ya banyak yg bermasalah komen dari wp? Gak kompetibel kayaknya nih..

      Delete
  3. Wah, semangat ya Mel. Moga2 bisa sampe S3

    ReplyDelete
  4. Anak ke 2 juga tetap butuh adaptasi ya Mel :D Lucu bgt ekspresinya Theo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa. Jangan sampe mengulangi kesalahan yang sama wkwkwkk

      Delete
  5. gua juga kalo disuruh nyusuin newborn lagi kayaknya ga inget deh... sekarang jayden taunya buka baju trus caplok doang hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya. Makanya harus belajar lagi tuh Mel

      Delete
  6. Eh gw baru tau udah lahiran... Selamat ya Mel, ganteng dedenya ^^

    ReplyDelete
  7. mel, sama dulu gua juga loh sampe buka yutub buat ngeliat cara latch on, trus liatin bibir clay kalo nyusu dari botol. dan emang harus dipaksa masuk dan rada seperti "ngegigit" baru bener deh. ahahaha. duh kangen masa2 itu. lol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang pi. Nanti anak kedua masih bisa haha.

      Delete
  8. Theo cakep banget Ci ahahaha. Anyway semoga sukses menyusui yaaaaa :)

    chicklyfresh.wordpress.com

    ReplyDelete
  9. eh mel gw baru baca postingan lo yang ini. lo rs carolus salemba dr laktasinya sama siapa? gw juga dulu rajin ke carolus salemba buat masalah berat badan sama menyusui. iya ya menyusui itu banyak tantangannya, walau uda anak k2 tetep aja ada tantangannya ya. syukurlah berat badan theo uda naik ya, uda ndut lagi pipinya hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan salemba, De. Gw di carolus summarecon serpong. Sama sih gw rasa, sama sama pro asi banget. Iya, skrg udah ndut lg hehe

      Delete