11

Grace 8 bulan

Posted on Monday, August 11, 2014

Berat 9.5kg, panjang 71 cm.

Saya merasa di 8 bulan ini perkembangan Grace pesat banget. Dari yang tadinya cuma bisa angkat dada sekarang udah bisa angkat perut dan mulai merangkak. Dari yang merangkaknya ngesot2 jadi lancar banget koordinasi tangan dan lututnya. Eh gak lama kemudian dia bisa berdiri sendiri di cribnya, lalu jalan merembet, dan sekarang bisa berdiri pegangan pake satu tangan aja. Nah lucunya, setelah lancar merangkak dan berdiri si Grace baru bisa duduk! Telat banget yah nek, ha ha.

Gigi aku sudah dua loh

Akhirnya aku bisa duduk

Sekarang juga lebih aware sama dunia. Sudah kenalin orang dan bisa nunjuk kalo ditanya "papa mana? mama mana? Popo mana? Kungkung mana.." kalo ditanya "Grace mana" kadang bisa angkat tangan tapi kadang bengong sambil mesem2 doang =)

Punya boneka favorit yaitu boneka minnie mause. Gara2 si sus gak bisa nyebut mouse jadilah dipanggilnya mos2. Kalo ditanya "mos mana mos?", langsung matanya sibuk nyari si mos. Udah tau idung mos juga, kalo ditanya idung mos mana, langsung idungnya dipencet. Eh tapi kalo ditanya tangan mos mana, atau bagian tubuh yang lain, tetep dia pegang idungnya sih, haha.

Si mbak di rumah suka peragain tukang kue yang lewat depan rumah dengan mengangkat tangan pura2nya bawa bakul kue sambil ngomong "kue-kueee..". Nah si Grace jadi ngikutin deh. Setiap kita bilang "kue-kue" dia langsung angkat kedua tangannya ke kepala sambil ketawa-tawa (liat foto diatas yang paling kiri bawah deh).

Begitu juga kalo kita bilang "horeee" atau "Grace pinterr", langsung dia tepok tangan ;D Cute maksimal deh kalo lagi tepok tangan.

Kalo dulu Grace udah mahir joget goyang tangan kalo kita nyanyi nangningnung, sekarang setiap denger suara musik langsung tangannya joget. Lucunya kalo di mall, setiap lewatin toko yang ada musiknya langsung dia otomatis joged. Dan kejadian itu sering! Jadilah si Grace joged melambai-lambai bak miss universe di mall sampe orang yg liat ikutan dadah2 dikirain Grace dadah ke mereka :D. Mamanya serasa bawa artis soalnya semua SPG di mall bisa dadah ke Grace haha. Juga jadi perhatian cewe2 dan pada bilang lucu banget, hihi...

Kalo dulu sering rewel kalo ditaro di stroller, sekarang jadi demen banget di stroller. Apalagi kalo jalan di supermarket, demen banget ngeliatin barang2nya. Kadang bisa minta ambilin sesuatu sampe teriak2 kalo gak dikasih. Eh iya, dari dulu sampe sekarang Grace paling suka pegang kertas dan plastik. Kalo kertas seringnya diuwel2 sampe lecek, sampe belakangan ini dia belajar ngerobek (mamanya hanya bisa menghela napas panjang).

Shopping sama kungkung

Kalo dulu setiap mau tidur harus digendong-gendong, sekarang semenjak tangan saya sakit Grace belajar tidur sendiri tanpa digendong. So far berhasil! Caranya, matiin lampu, mama papa nya ambil posisi pura2 tidur, taroh Grace ditengah, lalu empok2 sambil nyanyiin lagu doraemon. Biasanya dia mbolak-mbalik, muter 360 derajat sampe akhirnya capek dan bobok sendiri. Kalo dia gak bobok juga mama papanya pura2 tidur (kadang sampe ketiduran beneran). Dia liat ga ada yang bisa diajak main, tidur deh. Setelah bobok baru saya/Tomo pindahin ke cribnya. Lumayan, sekarang kalo mau bobok gak perlu adegan nangis2 lagi =D

Grace paling hobi makan. Kalo laper bisa rewel banget gak sabaran. Dan kalo nyuapin harus cepet2 kalo gak bisa teriak ah-uh-ah-uh. MPASInya sudah pelan2 dicampur antara nasi tim diblender dengan nasi tim murni. Kasihnya paling 3 butir biar dia belajar ngunyah. So far sih bisa. Sudah coba pake ayam kampung, daging sapi, telor, macem2 sayur, tahu (doyan banget), kacang jogo, kentang dan jagung. Semua doyan. Yang gak doyan itu salmon. Lucu, dia bisa marah2 gebrak2 meja waktu dikasih salmon, padahal saya kasih sedikit banget dan dicampur sama nasi loh. Eh btw, dulu selalu saya kasih wortel setiap hari, tapi kayaknya kok kulitnya jadi agak kuning? Bener bisa begitu apa perasaan saya saja ya? Sekarang sih wortelnya di stop sementara.

Kemarin ini mukanya sempet merah2 kering dan mengelupas. Curiganya dari ASI karena saya sering ketiduran kalo nyusuin malam hari dan lupa ngelap pipinya. Karena itu saya jadi rajin ngelap, tapi kok gak ilang juga... Sekarang lagi curiga sama daging ayam, alpukat, dan pumpkin. Kata Dsa saya kalo kasih daging harus fresh max di kulkas 2 hari. Lah, ya susah ya bok, masa saya harus belanja beli daging tiap 2 hari? Nah, karena hampir sebulan gak hilang, kemarin ini akhirnya saya bawa ke dokter kulit. Dikasih salep ramuan dan mejik, semua merah2 hilang dalam 2 hari, hoho.

Buah masih agak susah. Untungnya dia mau pisang dan melon. Jadi ya ulang2 itu2 aja deh.

aku paling suka kalo duduk disini soalnya aku doyan makan

Sekarang Grace lagi seneng2nya teriak dan... KENCENG BANGET! Suaranya itu nyaring bok. Nadanya gak tinggi sih, datar doang, tapi kencenggg. Teriak kenapa? Ya gak tauuuu. Pokoknya kalo mood lagi bagus dia tiba2 teriak aja gituuuh. Nah rempongnya kalo di gereja. Pernah pas lagi doa syukur agung dia teriak dongggg. Mau dibawa keluar tapi kok saya lagi khusyuk. Gak dibawa keluar kok mengganggu umat yang lain. Untungnya waktu itu teriaknya gak lama, phewwwh. Grace, grace, udah gede mau jadi penyanyi ya?

Apalagi yaaa?

Kayaknya itu aja deh perkembangan yang mencolok. Selanjutnya mungkin saya mau curhat sedikit mengenai ASI.. next posting aja biar gak merusak mood yaaa

Happy 8 mo!

Discussion

  1. Umur segini emang lagi montok n lucu2nya nih Mel. Jd inget masq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadeh... ini kepencet. Jadi inget masa2 Abby umur segitu. Bulet, baru bisa merangkak blm gratak2 berlebihan. Hahahaha. Msh bisa duduk anteng kalo dipangku. Lah sekarang.... huf huf huf...

      Grace doyan makan ya asik. Gpp dikasih maem yang banyak biar nanti tetep semok pas udah bisa jalan.

      Delete
  2. Hihihi.. lucu banget grace *unyel2*.. montok yah mel. :D sehat2 yah terus yah grace..

    ReplyDelete
  3. Berat badannya Madeline sama kayak Grace *meratap sedih* nasib anak gue susah makannya, huhu... Sehat-sehat terus ya Grace.

    ReplyDelete
  4. grace montok ya... lucu deh ngeliatnya...

    ReplyDelete
  5. lucu banget foto2 Grace, moga sehat2 terus dan makin pinter yah :)

    ReplyDelete
  6. Kalo anak cewe lebih genit ya denger lagu mau joged, marco dgr lagu malah emak nya yg joged hahaha. Iya mel kl mkn wortel n pepaya tiap hari bisa kuning kulitnya, bahkan keringet nya jg. Marco tiap hari mkn pepaya jg jd kuning :D

    ReplyDelete
  7. wah seru kalo udah merangkak... bentar lagi jalan dah :)

    ReplyDelete
  8. duhh grace....montok yaa jadi gemess deh
    bentar lg bisa jalan dah yaa mel

    ReplyDelete
  9. ceceeeeee dedek Grace lucu bangeeeet
    eh ngomong2 soal joged2 dadah2 kalo denger musik anak Sunday School aku juga ada yang kaya gitu, sukaaa banget kalo denger musik <3 seneng ih kalo liat anak2 kecil suka denger lagu~ dan kalo baca bagian Grace suka teriak2, mungkin ntar bakat nanyi tuh ce :D hihihi
    eeeh kapan2 rekamin Grace kalo joged ato teriak dong ce hihihi :3

    ReplyDelete