22

Mama Hao

Posted on Monday, April 28, 2014


Kemarin ini saya denger ada melody Mama Hao di salah satu mainan Grace. Waah langsung deh terbayang lagu jadulnya yang waktu kecil sering saya nyanyiin.

Shi shang zhi you ma ma hao
you ma de hai zi xiang ge bao.
tou jin ma ma de huai bao
xin fu xiang bu liao.

shi shang zhi you ma ma hao
mei ma de hai zi xiang ge cao
li kai ma ma de huai bao
xin fu na li zhao.

Ada yang tau juga lagu ini?
Kalo gak tau, sini-sini kakak kasih tau *duileee kakakkk*

Judul filmnya adalah Mama zai ai wo yi ci, salah satu film legendaris Taiwan yang di buat pada tahun 1988. Mama Hao adalah judul lagunya yang akhirnya lebih popular daripada judul filmnya yang panjang jadi agak susah di inget.

Waktu kecil (mungkin jaman saya SD tahun 90an awal ya), mama papa saya sering ngajarin saya nyanyi lagu ini. Sempet nonton filmnya juga pas saya udah gedean tapi saya lupa. Yang pasti saya inget adalah filmnya sedih banget!

Nah kebetulan denger lagi lagunya saya jadi penasaran sesedih apa sih filmnya.. Thanks to Google saya jadi bisa nonton lagi deh =D

Sinopsis

Prolog – Anak muda sedang mengunjungi sebuah panti yang isinya orang sakit jiwa. Di sana ia melihat ada seorang ibu yang sedang memeluki boneka panda, dielus-elus bonekanya sambil nyanyi-nyanyi. Lalu ceritanya flash back ke masa lalu.

Adegan dimulai dengan sepasang muda-mudi yang asik menjalin kasih (film jadul bahasanya ikutan jadul dong), yang ternyata gak disetujuin sama keluarga cowo. Standard lah soalnya keluarga cowo kaya raya dan si cowo ini anak tunggal. Sedangkan cewenya ini yatim piatu otomatis miskin (kenapa ya anak yatim piatu selalu dikaitkan dengan kemiskinan, padahal kan anak yatim piatu bisa sukses dan kaya juga). Eh tapi mereka bandel, tetep aja menjalin kasih walopun sudah ditentang. Jalin-jalinan akhirnya hamil deh.

Begitu tau kalau mereka hamil dan mau menikah, ortu si cowo lebih-lebih gak setuju lagi. Malah menyuruh si cewe pergi dan menjodohkan si cowo dengan wanita lain. Si cowo akhirnya menyerah dan nikah dengan wanita pilihan mamanya. Si cewe pergi dan membesarkan anaknya sendirian. – adegannya si cewe ini hamil gede terus melahirkan sendiri di rumah. Setelah itu pas anaknya bayi dia harus nitipin anaknya ke auntie2 yang anaknya sendiri pun sudah banyak karena dia harus kerja. Pulang kerja capek masih harus menghadapi anaknya nangis-nangis non-stop tengah malem. (silahkan sodara sodari mulai ambil tissuenya).

Bertahun-tahun lewat. Pas anaknya udah gedean mamanya beliin dia boneka panda gede yang disukaaa banget sama si anak. Selalu mereka mainan dengan boneka panda itu. Terus mamanya sering ajak anak ini ke kuil. Diajarkan berdoa dan kalau mau apa bilang aja ke Dewi Kwan In nanti pasti dikabulkan doanya.

Suatu hari si anak ini demam tinggi sekali. Mamanya yang sudah tidak berdaya akhirnya jalan berlutut dan menyembah tanah dari depan rumah sampai ke kuil. Selangkah demi selangkah sampe akhirnya dahinya penuh luka dan berdarah-darah sambil memohon ke dewi Kwan In agar anaknya sembuh. (this is to show how she really really loves her son sebelum hidupnya kembali jungkir balik di adegan berikutnya)

On the other side, si cowo ternyata tidak bisa memiliki anak. Eh si cewe malahan ga sengaja kerja di salah satu perusahaan keluarga si cowo. Ketauan lah sama mama mertuanya kalo si cewe ini punya anak laki-laki yang sudah berumur 5-6 tahun.

Si anak ini diajarin lagu Mama Hao disekolah, jadi pas pulang sekolah dia nyanyiin lagunya buat mamanya. Pas lagi adegan happy tapi mengharukan itu datang lah si mama mertua ke rumah si cewe (jeng-jeng jeng-jeng).

Mama mertua meminta agar anak tersebut dibesarkan oleh papanya saja karena mereka membutuhkan keturunan sebagai penerus keluarga. Si cewe jelas gak mau dong, ya bigimana ya, gw yang sakit, gw yang capek, udah gede dan lagi lucu-lucunya mau maen lo ambil aja!

Eh tapi si mertua pinter dong. Dibilangin kalo anak ini akan lebih terjamin pendidikannya kalo tinggal sama papanya. Sekarang kan si cewe cuman pekerja buruh, mau sekolah dimana itu anak, nanti kuliahnya gimana? Akhirnya luluh juga si cewe dan merelakan anaknya diambil oleh keluarga si cowo.

Akhirnya si cewe  memperkenalkan anaknya ke si nenek. si cewe  mulai cerita ke anak tentan papanya dan gimana si anak harus mau tinggal sama papanya soalnya akan lebih bahagia.

Besoknya pergilah mereka ke rumah si cowo. Si anak nangis-nangis bilang gak mau ditinggal mama. Tapi akhirnya bisa tenang juga setelah diberi pengertian oleh mamanya. Setelah agak tenang mamanya diam-diam pergi. Ehhh, begitu tau mamanya pergi anaknya nangis-nangis heboh sambil mau ngejer mamanya. Karena gak bisa keluar akhirnya si anak memandangi jendela sambil nangis meratap – air mata mulai berlinangan.

Karena sangat kangen sama mamanya akhirnya si anak ini kabur dari rumah. Di cari-cari kemana-mana gak ketemu. Ternyata si anak kabur ke rumah mamanya. Sampe disana bukannya disayang-sayang, tapi malahan di marahin abis-abisan sama mamanya. Dibilang kenapa kamu kesini? Kamu gak boleh kesini lagi! (adengannya sambil mukulin tangan si anak dan mamanya berusaha menahan tangis).

Terus mamanya bilang, “kamu nakal, kamu sudah bikin papa dan nenek bingung, sekarang kita akan pulang dan kamu akan minta maaf sama papa dan nenek. Kamu akan bilang gak akan kabur dari rumah lagi dan gak akan cari mama lagi!” – yak, air mata mulai bercucuran.

Pergilah mereka kembali ke rumah si nenek. Di rumah itu si anak disuruh minta maaf dan mengulangi kalimat yang sudah diajarin mamanya “maaf sudah buat papa dan nenek khawatir. Aku tidak akan kabur dari rumah lagi. Aku tidak akan cari mama lagi”. Si anak ini bilang kalimat tersebut sambil nangis-nangis ngeliatin mamanya yang berdiri di pojokan – air mata muncrat beibeeeeh!

Setelah ditinggal mamanya si anak tetep gak betah tinggal sama papa dan neneknya. Dannn, si anak kabur lagi dong. Kali ini dia gak kabur ke rumah mamanya sampe semua orang bingung nyariin dia. Dicariin dari pagi sampe malem tetep gak ketemu, mana disaat itu hujannya sangat lebat. Di titik ini si mama dan papa mertua akhirnya tersentuh hatinya dan minta maaf kepada si cewe karena sudah maksa ngambil anaknya.

Akhirnya mamanya kepikiran kalo mungkin saja anaknya itu pergi ke kuil (karena dulu kan selalu diajarin kalo minta apa-apa ke kuil aja dan berdoa). Sampe disana eh si anak tetep gak ada. Mamanya ini langsung nangis-nangis berdoa sama dewi Kwan In semalem suntuk agar anaknya selamat dan bisa ditemukan.

Paginya baru deh kelihatan kalo ternyata anaknya itu sembunyi sampai ketiduran di pojokan kuil jadi gak keliatan waktu dicariin malemnya. Si anak ini keujanan semaleman sampe panas tinggi dan pingsan. Ternyata dia gak betah tinggal di rumah papanya, pengen pulang ke rumah mamanya tapi takut dimarahin lagi. Waahh disitu perasaan mamanya pasti hancur yaa. Pasti merasa bersalah banget deh *eh ini nulis sinopsis apa apaan sih mel?*

Nah dirudung rasa bersalah itulah mamanya langsung gendong itu anak dan lari turun dari kuil dan……… jatoh gelinding dari tangga paling atas ke paling bawah. Pas ditolongin eh dia malah senyum-senyum. Oalaah kepalanya kebentur anak tangga sehingga terjadi geger otak. Sejak itu dia jadi gila, nyanyiin lagu Mama Hao sambil melukin boneka panda karena dikira itu adalah anaknya.

Epilog – Si anak yang sudah besar tadi mendekati si ibu yang lagi melukin boneka panda sambil ikutan nyanyi Mama Hao, dan disitu mamanya ngeliat ke si anak dan manggil namanya.

The End.

Review

Epilognya menurut saya absurd banget. Maksudnya si ibu manggil nama si anak itu apa? Apakah mamanya ngenalin anaknya? Dan kenapa anaknya bisa gak kenal dan tau kalo mamanya sakit jiwa? Padahal di akhir cerita semuanya sudah jadi baik ke si mamanya termasuk si mama mertua yang selalu jadi antagonis di awal-awal. Berarti akhirnya si mama ini di jebloskan aja dong ke panti dan si anak diasuh sama papanya. Lah terus si anak apa gak nyariin mamanya tuh pas sadar dari pingsannya? Kok bisa si papanya anak dan mama tirinya tega..??

Yahhh diluar dari epilognya yang bikin tanda tanya besar, menurut saya film ini cukup OK lah. Sedihnya kena, walopun saya gak nangis sih, ya maklum nontonnya juga ke pause-pause karena sambil nemenin Grace main.

Mengingat filmnya dibuat tahun 1988, sikonnya bisa dimaklumin banget. Typical keluarga cina toto (cina kuno) emang begitu sih ya. Menjaga martabat keluarga penting. Memiliki cucu dalem laki-laki lebih penting lagi. Malah jaman dulu anaknya bisa disuruh kawin lagi biar ada keturunan cowo -_-.

Lagunya bagus banget dan very catchy. Buat warga keturunan yang gak tau, coba deh tanya papa/mama atau kakek/nenek tau lagu Mama Hao gak.. kemungkinan besar pasti tau deh J

Yuk mari kita nyanyi lagi…  Shi shang zhi you ma ma hao……. you ma de hai zi xiang ge bao……….


Posted in

22 Comments

Discussion

  1. Hahahaha.. ini pilem sedih, apa reviewnya yang terlalu lucu.. wkwkwkw.. air mata muncrat beibeh.. hahahaha.. kocak banget lu mel. Gua dulu pernah nonton. jam smp deh mel. dan emang sedih ceritanya. kalo jaman dulu...kayanya sebodo amet dengan epilognya. yang penting filmnya sukses buat orang nangis. hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. filmnya asli sedih kok. Cuman gw aja yg gak bakat nulis kata-kata sedih hahahaa

      Delete
  2. pelem ini emang bikin abis tisu mel. gw inget dl gw nonton ini jaman esde, masih pake kaset kotak jadul gitu heits bgt ditonton rame-rame dan ditangisin berjamaah hahhaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa.. gw sih dulu ntnnya sama nyokap doang di jaman SD juga hehe
      gw inget dulu gak ngerti2 banget, sampe hrs diceritain ceritanya apaan :p

      Delete
  3. Ini film emang juara banget menguras air mata (buaya). Satu lagi film itu tuh...yg bapaknya tukang botol. Itu juga sedih banget... tp lupa judulnyaaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciu kan thang bue bo! ya kan ny? :D

      Delete
    2. wah iya tuh tukang botol. tp gw lupa sama sekali, tidak berbekas di memory *tsah

      thank you Man, ntar gw google ah filmnya, seru jg ntn pelem2 jadul :D

      Delete
    3. ikut nimbrung! gw nonton tuh yang bapaknya jual botol .. sedih!
      ini si mama hao malah belom gw nonton .. maklum udah keburu terlena sama pendekar rajawali HAHAHA ..

      Delete
  4. Pernah denger lagunya sih, tapi nggak tau felmnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo cari tau, Ngel. bagus lohhh hehehehehe

      Delete
  5. gw tau lagunya tapi gak nonton filmnya
    dulu les mandarin sama lao shi nya nyanyi ini walau artinya sedih tp gw bete nyanyinya ken gw kelas 6 SD dan les nya minggu pagi jam 6-8 aja gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah gw kira lo tipe2 org yg tau film beginian, tp ternyata gak tau yah :p
      eh buset ngeles jam 6 pagi??? teganyaaa

      Delete
  6. film ini sedih banget katanya ya. gua belum pernah nonton.
    dulu pas andrew masih kecil, suka banget ama lagu ini. jadi tiap malem kita kudu nyanyi lagu ini kalo dia mau tidur. tentu gua nyanyinya tanpa kata2 secara gak tau kata2nya. hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lo tau lagu nya darimana dong kl gak tau pelemnya? :p
      dulu wkt sd gw hapal gitu lagunya, kl mandi sering nyanyi2 lagu ini pdhal gak ngerti artinya apa haha

      Delete
  7. ini biarpun review u lucu, gw bacanya juga sambil sedih2 karena keinget lagi sama adegan2nya, tapi ga sampe bercucuran air mata. gw nonton berkali2 film ini, karena dulu punya videonya. emak gw nonton berulang2, otomatis gw juga ikut2an, cm dulu kaga nangis sih karena masih kecil, cm bingung kenapa emak gw tiap nonton banjir air mata, hehehehe.
    anak kecil itu lucu deh, kecil2 tapi uda pinter acting banget. kira2 dia skrg kaya apa ya? hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, anak kecilnya pantes menang Oscar tuh. Jago banget actingnya!

      Delete
  8. dulu gua nonton film ini pas smp kalo ga salah dan ampe nangis2 gitu hahahaha... tp kalo sekarang ditonton jadinya berasa agak lebay karena ceritanya kan agak standard plus endingnya ga banget hehehehe... kan mama mertuanya uda minta maaf, lah kenapa juga pake acara emaknya jatoh guling2 trus jadi gila... hahahaha... tapi lagunya emang memorable banget ya...

    ReplyDelete
  9. Wah itu emang film dulu selalu sukses bikin mewek tiap kali ditonton. Tapi kalo sekarang nonton lagi gak tau deh masih mewek juga gak

    ReplyDelete
  10. aku selalu nangis klo dulu nonton film ini, sedih banget.. dulu nonton masih pake video/laser disc gt.. ckckckck... walo jadul tetep masih diinget yah karena lagunya.. hihi :D

    ReplyDelete
  11. Aku tau lagunya, dan dulu pernah nonton filmnya. Uhh selalu bikin mewek tiap nonton film ini. Tapi filmnya emang bagus banget ya, cocok banget sama lagunya :')

    ReplyDelete
  12. dulu setiap nonton film ini pasti nangis sesegukan, sedih banget mbak :(

    anw, salam kenal ya mbak

    ReplyDelete
  13. Ni film jaman SMP, biarpun sdh berulang kali ditonton tetap banjir ni mata. Mulai dr mamany hamil sampe ending nangis trus.

    ReplyDelete